11 Makanan Super Kuat untuk Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis di mana diet Anda memainkan peran penting. Bahkan, regulasi dan kontrol diet Anda dapat meningkatkan tubuh Anda untuk insulin dan membantu dalam pengelolaan penyakit dalam jangka panjang. Hal yang baik adalah bahwa makanan yang terbaik untuk diabetes semua makanan sehari-hari yang sederhana dan tidak beberapa bahan eksotis. Harus menyertakan rencana makan yang sehat untuk penderita diabetes meliputi: tinggi serat, antioksidan, vitamin, mineral, dan bebas lemak buah-buahan segar, sayuran dan protein.

Hasil gambar untuk 11 Makanan Super Kuat untuk Diabetes

Kami meminta Dr Sanjay Kalra, seorang konsultan ahli endokrinologi di Rumah Sakit Bharti, Karnal, untuk membantu kami di sini. "Diet rendah karbohidrat
Dan kalori dan kaya secara alami nutrisi dengan lemak sehat di moderasi sangat ideal untuk orang diabetes, "ia mengatakan. Namun, menjaga tab pada tanda kebiasaan makan Anda tidak selalu berarti bahwa Anda harus hidup kekurangan. Manajemen Diabetes adalah semua tentang untuk beberapa modifikasi dalam hal apa yang Anda makan, berapa banyak Anda makan dan kapan Anda makan. berikut adalah beberapa super yang dapat membantu Anda melawan diabetes secara efektif.

  • Beet

Petrots tidak hanya lezat dan memuaskan tetapi juga pada kandungan karbohidrat yang rendah. Hal ini juga kaya akan vitamin, mineral dan sumber serat, dan nutrisi tanaman - yang semuanya membantu dalam pengelolaan diabetes. Ketika Anda mengkonsumsi gula alami di Petrot tidak bisa dikonversi menjadi glukosa dalam tubuh sangat cepat, sehingga baik untuk penderita diabetes. Petrots juga tinggi jenis antioksidan yang disebut asam lipoat, yang melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh penuaan.

  • Tomat

Kaya likopen dan besar tomat untuk jantung. Tekanan darah juga lebih rendah dan risiko komplikasi jantung yang terkait dengan diabetes. Tomat yang dikemas dengan vitamin C, vitamin A dan kalium. Mereka adalah rendah karbohidrat dan rendah kalori yang membuat makanan super untuk penderita diabetes.

  • Biji labu


Menyimpan segenggam biji labu dengan berjuang hasrat untuk makanan bergula dan berlemak. Mereka kaya zat besi dan tak jenuh dan membantu menekan lemak nafsu makan. Ketika datang ke makanan ringan, selalu ingat bahwa kuncinya adalah kontrol porsi.

  • Benih lenan

Benih lenan mengandung sejumlah besar serat larut yang disebut lignan. Benih lenan membantu mengurangi kemungkinan komplikasi jantung dan juga risiko stroke terkait diabetes. Ini mengatur kadar gula darah dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan usus dan sensitivitas insulin.

  • Kacang campur

Kacang kaya akan asam lemak omega-3 dan memiliki nilai indeks glisemik rendah. Minyak esensial dan kandungan nutrisi keseluruhan kacang membantu mengurangi tingkat peradangan diabetes, gula darah, dan kadar LDL (kolesterol jahat). Sejumlah kacang atau sekitar 30 gram yang dikonsumsi setiap hari sangat baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Kacang bisa menjadi pengganti karbohidrat yang baik.

  • Seluruh biji-bijian

Biji-bijian utuh seperti jelai dan gandum penuh dengan serat yang mencerna perlahan agar gula darah tidak menular tiba-tiba. Mengkonsumsi biji-bijian secara teratur membantu mencegah penambahan berat badan yang merupakan faktor risiko diabetes yang besar. Mereka adalah sumber vitamin B, zat besi, dan mineral yang sangat baik. Mereka juga membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat, mengurangi kolesterol LDL dan menstabilkan kadar gula darah.

  • Labu pahit

Bitter labu mengandung zat aktif yang memberi sifat anti-diabetes seperti charantin yang dikenal dengan efek penurunan kadar glukosa darah dan senyawa mirip insulin yang dikenal sebagai polipeptida-p. Cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah dengan menyiapkan jus labu pahit segar pada saat perut kosong. Anda dapat menambahkan sepotong amla atau gooseberry India untuk memberi Anda dosis Vitamin C untuk kekebalan yang lebih kuat.

  • Jamun

Jamun adalah salah satu buah super terbaik untuk penderita diabetes. Konsumsi jamun diketahui bisa meningkatkan aktivitas dan sensitivitas insulin. Di Ayurveda, jamun digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan dan bubuk biji jamun yang disebut-sebut sebagai obat rumah yang hebat untuk mengendalikan kadar gula darah tinggi. Jamun memiliki indeks glikemik rendah dan membantu mengubah pati menjadi energi yang menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali.

  • Fenugreek

Benih methi dan daun methi keduanya merupakan makanan super untuk diabetes. Mereka mengandung serat dan membantu memperlambat proses pencernaan dan dengan demikian mengatur penyerapan karbohidrat dan gula dalam tubuh. Mereka memperbaiki toleransi glukosa dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat. Benih methi bisa direndam semalaman bisa di 'methi ka paani'
Harus dikonsumsi pagi hari saat perut kosong untuk kesehatan yang baik.

  • Jambu biji

Jambu biji memiliki skor indeks glisemik rendah dan sangat kaya akan serat makanan yang membantu dalam mengobati sembelit yang merupakan keluhan umum penderita diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jambu biji dapat membantu memperlambat penyerapan gula dalam tubuh Anda. Ini berfungsi sebagai makanan ringan kelas menengah.

  • Kunyit

Kunyit dianggap sebagai makanan ala Ayurvedic yang hebat untuk diabetes. Ini bisa menjadi cara herbal yang efektif untuk mengendalikan gula darah. Ini mengatur fungsi pankreas dan menyeimbangkan kadar insulin dalam tubuh.

Dalam bukunya, 'Ayurvedic Home remedies', Dr. Vasant Lad menyarankan agar penderita diabetes mengikuti diet kapha-menenangkan dan terutama menghindari kelebihan asupan gula, karbohidrat dan produk susu. Sebagai gantinya, mereka harus mengkonsumsi lebih banyak sayuran segar dan rempah-rempah pahit.

11 Makanan Super Kuat untuk Diabetes